Mengatasi Pilek Pada Anak Bayi

Mengatasi pilek pada anak bayi haruslah bunda ketahui, kerena apabila si kecil terkena hal ini akan sangat menghawatirkan terlebih apabila keceriaannya hilang. Setelah berusia 1 tahun biasanya si kecil lebih rentan terkena penyakit, salah satu penyebabnya karena asupan ASI untuk bayi di usia 1 tahun sudah semakin berkurang. Salah satu penyakit yang sering muncul adalah pilek, penyakit ini memang tampak ringan bunda akan tetapi sangat mengganggu aktifitas buah hati bunda.

Adapun penyebab dan cara mengatasi pilek pada anak bayi yang mesti bunda ketahui.
Saat si kecil terkena pilek, biasanya akan diawali dengan tenggorokannya yang terasa gatal juga terkadang menyebabkan munculnya batuk kering. Tidak jarang suhu tubuh si kecil juga jadi ikut meningkat, dan selanjutnya hidung si kecil akan berlendir dan jadi bumpet.

Penyebab Pilek Pada Anak Bayi

Pilek terjadi karena jaringan di dalam organ hidung dan pembuluh darah di dalamnya menghasilkan lendir dan cairan yang bia keluar lewat lubang hidung. Pada umumnya pilek disebabkan oleh virus influenza akan tetapi ada kalanya pilek terjadi karen adanya alergi rhinitis atau radang selaput lendir hidung. Alergi bisa timbul akibat reaksipada bahn tertentu seperti bulu hewan, debu, kapas atau kapuk.
Perbedaannya, penyakit pilek yang disebabkan oleh alergi tanpa disertai dengan munculnya demam atau infeksi. Pilek karena dua hal ini akan sembuh dengan sendirinya atau tidak perlu memberikan obat antibiotik. Jagalah asupan cairan supaya buah hati bunda tidak dehidrasi.

Mencegah dan Mengatasi pilek pada bayi

Pilek yang disebabkan oleh alergi rhinitis bisa dicegah degan cara meminimalkan atau menjaukan bahan bahan yang menjadi sumeber pemicu alergi. Sedangkan pilek yang disebabkan oleh virus dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan beraktivitas fisik yang sehat. Waktu istirahat buah hati bunda juga harus cukup loh supaya kondisi tubuhnya tetap dalam keadaan fit.

Menurut dr. Amar Widhiani A, SpA(K), pakar kesehatan anak dari RS Premier Bintaro, apabila bayu terkena pilek, maka berikanlah terus ASI. Karena ASI mengandung antibody / imonoglobulin. ASI juga mempunyai kandunga zat penyembuh yang alami dan ampuh.

Sedangkan pada bayi berusia 6 bulan keatas, dikarenakan asupan imonoglobulin dari ASI sudah sedikit, bunda bisa memberikan cairan pada bayi bunda yang sedang pilek misalnya minum air putih atau sayuran dengan kuah yabg banyak. Hal ini dilakukan supaya bayi bunda tidak mengalami dehidrasi. Apabila cairan di dalam tubuh si kecil baik & terpenuhi, maka mukosa di dalam mulut bayi juga akan lembap, dengan demikian daya tahan tubuhnya juga akan naik.

Itulah bunda cara mengatasi pilek pada anak bayi. Semoga dapat menambah pengetahuan bunda serta informasi tentang perawatan si kecil agar selalu sehat.

0 Response to "Mengatasi Pilek Pada Anak Bayi"

Poskan Komentar